After Watched : Shawshank Redemption (1994)


BAGUS !
Nggak heran film ini menjadi posisi pertama didalam 250 Top Rated Movie versi IMDB.  Bercerita tentang Andy Defrense (Tim Robbins), seorang banker yang dituduh membunuh istri dan selingkuhan istrinya padahal bukan dia yang melakukannya. Kehidupan Andy di penjara inilah yang menjadi cerita menarik di film ini.
Diceritakan Andy adalah orang cerdas yang tertutup. Masa-masa awal di penjara ia habiskan dengan pendertiaan, namun ia tidak memberontak. Ia bertahan dengan cara yang elegan tanpa kekerasan dan tanpa emosi yang meledak-ledak layaknya para napi lainnya. Itulah yan membuat Red (Morgan Freeman) menjadi kagum padanya. Red yang sudah lebih dahulu berada dipenjara memiliki beberapa teman yang akhirnya menjadi teman Andy selama berada di penjara.
Awalnya saya was-was akan banyak adegan kasar atau menganggu di film ini karena berlatar di penjara laki-laki. Tapi ternyata tidak. Kekerasan memang ada karena menggambarkan kehidupan keras yang dihadapi oleh para napi, tapi itu sama sekali tidak menganggu.
Yang paling saya suka adalah, dialognya. Sederhana tapi sangat amat kuat menyampaikan pesan. Sampe rasanya pengen dikutip semua. Nggak bikin ngantuk sama sekali karena emosi kita ikut mendalami apa yang dirasakan para pemain.
Selain itu, ada banyaaaak sekali pelajaran tentang hidup yang disuguhkan di film ini. Intinya tentang harapan untuk bertahan hidup. Apapun hal yang menimpamu dan dimanapun kamu berada, harapan itu harus selalu ada.
 “ Hope is a good thing, maybe the best things, and no good things never dies”.

Comments

Popular Posts