After Watched : Reply 1988

Bosan dengan Kdrama yang melulu cerita tentang harta, kekuasaan, atau siapa anak kandung siapa ?
Bosan dengan Kdrama yang aktor utamanya oh-so-perfect, sixpack, tatapan mata tajam, dan tau-tau nongol macam siluman ketika si aktris sedang kesusahan ?
Atau bosan dengan Kdrama yang dengan kisah cinta yang menye-menye ?
…then you should watch Reply 1988.
Ceritanya beda, sederhana dan tidak menye-menye



It’s All About Friendship, Family, Neighbour, and Love.

Komplit ya.
Iya.
Itu yang aku suka dari Reply 1988. Ceritanya begitu sederhana, tentang persahabatan, keluarga, tetangga dan cinta. Dan itu semua dikemas dengan manis, sederhana dan seimbang.

:)

Pemeran utama adalah seorang perempuan bernama Deok Sun. Deok Sun ini punya 4 orang teman akrab yang sudah berteman dengannya sedari kecil bernama Jung Hwan, Sun Woo, Taek, dan Dong Ryong. Keempatnya cowok semua. Mereka berteman sudah seperti saudara. Akrab banget. Ditambah lagi mereka tinggal di komplek yang sama dan rumahnya saling berdekatan sehingga sering sekali berkumpul bahkan hanya untuk makan mi bareng.



Itulah yang menjadi plot utama drama ini. Persahabatan yang terjalin diantara Deok Sun, Jung Hwan, Sun Woo, Taek, dan Dong Ryong dan juga keluarga dari masing-masing anak.  Kondisi masing-masing keluarga yang berbeda satu sama lain menjadikan hal tersebut menarik untuk ditonton.

Lalu apakah hanya tentang hidup bertetangga, persahabatan dan keluarga ?
Tidak,
Karena ada kisah cinta yang sungguh manis dan nggak lebay di Reply 1988. Kita diajak untuk menebak, siapakah diantara keempat sahabat laki-laki Deok Sun yang akan menjadi suaminya di akhir cerita.

It Teach Us So Many Things About Life

Awalnya nggak nyangka akan se-adiktif ini nonton Reply 1988, tapi ketika di episode pertama aja udah ketawa-ketawa, senyum-senyum sendiri bahkan juga nangis, bikin aku langsung jatuh cinta sama dramanya dan penasaran untuk nonton setiap episodenya.
Satu hal yang aku suka dari Reply 1988 adalah kesederhanaannya. Sutradaranya sungguh “bisa banget” mengemas cerita Reply 1988 sehingga ada pelajaran yang bisa dipetik disetiap episodenya. Reply 1988 banyak menceritakan bagaimana awkward-nya hubungan seorang ayah dengan anak perempuannya, atau ibu dengan anak laki-lakinya.  Kita digiring untuk bisa memahami, “begini loh yang dirasakan seorang ayah itu” atau “begini loh perasaan seorang ibu jika anak laki-lakinya mulai sibuk dengan dunianya sendiri” Dan aku sedikit banyak ikutan merasakannya.



Selain tentang keluarga, aku juga jatuh cinta dengan persahabatan yang digambarkan difilm ini. Sudah bersahabat dari kecil, beranjak dewasa bareng, dan masing-masing punya karakter dan sifat yang beda-beda tapi digambarkan saling melengkapi, mendukung dan kompak terus.
Walaupun kayaknya drama ini nggak seru karena ga ada konflik besar atau adegan-adegan yang bikin tegang, tapi pecinta drama yang manis dan nggak ribet, Reply 1988 bener-bener harus ditonton karena ceritanya yang begitu dekat dengan kita. 



Ciri khas seri Reply adalah kita diajak untuk menebak-nebak siapa sih yang bakal jadi suami aktris utamanya. Nah di Reply 1988 kita juga diajak untuk menebak siapa sih suami Deok Sun pada akhirnya. Jelas bahwa calonnya ada diantara keempat anak laki-laki yang selalu bersama Deok Sun tapi seiring berjalannya waktu, calon tersebut akan mengerucut menjadi dua kandidat, yaitu Junghwan dan Taek.  
Nggak mau spoiler, tapi tonton deh dramanya, nanti kita bakal tahu bahwa yang namanya ragu-ragu nggak akan memenangkan apa-apa. Diantara Jung Hwan dan Taek, salah satunya udah disukai sama Deok Sun sejak lama dan mereka sebenarnya saling suka, tapi yang bersangkutan ini lama sih geraknya dan nggak tegas dengan sikapnya, jadi ya gitu, jelas dia kalah dengan saingannya yang satu lagi, yang lebih aktif dan mau berjuang.
Eaaa~

Cast Reply 1988, Terbaik !

Aku nggak tau sebenarnya gimana gaya hidup orang Korea di tahun 1988, tapi para pemainnya sukses banget ngehidupin cerita ini. Aku suka semuamua acting pemainnya, sampai ke aktor paling mungil yaitu adiknya Sinwoo yang bernama Jin Joo. Natural semua kayaknya.
Hyeri ‘Girls Day’ sukses banget meranin Deok Sun yang supel, riang, polos, tapi tomboy dan bloon sebenarnya. Aku suka ekspresi-ekspresi spontan Deok Sun, suka senyum lebarnya dan juga gimana dia berinteraksi dengan teman-temannya.
Aku nggak ngasal bilang acting Hyeri itu oke, terbukti setelah Reply 1988 selesai, dia ditawari jadi pemeran utama lagi bareng Ji Sung di drama “Entertainer” , tapi sayang dramanya nggak sukses. Ada yang bilang karena Hyeri nggak cocok dipasangi dengan Ji Sung yang terpaut umur yang cukup jauh.



Jung Hwan diperankan oleh Ryu Jun-Yeol yang nggak ganteng-ganteng amat tapi cool banget ! Jika diliat kayak biasa, dia bisa jadi jelek banget ampun apalagi ngeliat bibir tebalnya dan mata sipitnya, tapi di moment-moment tertentu dia bisa berubah jadi super duper cool, macho dan yah gentleman gitu. Seperti itulah Jung Hwan yang ia perankan.  Jung Hwan udah suka sama Deok Sun sejak lama tapi selalu dipendamnya, apalagi ketika tahu temannya, Taek juga suka dengan Deok Sun. Jung Hwan nggak bisa mengekspresikan perasaannya, jadinya terkesan cuek tapi sebenarnya dia ingin selalu ngelindungi Deok Sun. Berkat akting coolnya itu, Ryu Jun Yeol langsung ditawari jadi pemeran utama di dramanya yang berikutnha bareng aktris top Korea, si Hwang Jung Eum.


Choi Taek diperankan oleh -si imut tapi kadang ganteng juga- Park Bo Gum. Choi Taek adalah anak yang paling kalem diantara kelima sahabat itu. Ia sudah ditinggal meninggal oleh ibunya sejak kecil sehingga hanya tinggal bersama ayahnya. Taek putus sekolah karena dia lebih memilih fokus berlatih Baduk (semacam caturnya orang Korea). Ia sangat terkenal di Korea saat itu karena selalu memenangkan pertandingan. Yang suka bikin haru adalah, semua tetangganya termasuk kelima sahabatnya selalu hapal jadwal bertanding Taek dan selalu menunggu kabar hasil pertandingan Taek.
Taek sangat cocok dengan Deok Sun. Taek orang yang nggak bisa apa-apa karena ia tidak sekolah dan mungkin sedari kecil tidak ada seorang Ibu yang mengajarinya ini itu. Park Bo Gum bisa aja meranin Taek yang culun dan pendiam, tapi begitu dewasa jadi berkharisma gitu. Apalagi ketika ia mulai dekat Deok Sun. Duh duet mereka ini sungguh amat cucok. Wajar setelah Reply 1988, fans nya Park Bo Gum langsung banyak banget. Dia juga langsung jadi pemeran utama di drama barunya Love In The Moonlight.


Favoritku adalah Sun Woo. Sun  Woo yang diperankan oleh Go Kyung Pyo adalah sosok yang paling dewasa diantara mereka berlima. Paling bisa diandalkan dan penetral bagi teman-temannya. Di sekolahnya, Sun Woo adalah Ketua Osis sehingga ia menjadi panutan disekolah. Ia tinggal bersama Ibu dan adik perempuannya, Jin Joo. Ayahnya diceritakan meninggal beberapa tahun yang lalu. Mereka berasal dari keluarga yang bisa dibilang miskin dan hanya hidup dari uang pensiunan ayahnya. Sun Woo adalah kebanggaan Ibunya karena sikapnya yang selalu bisa diandalkan dan jadi bahan iri Ibunya Jung Hwan dan Ibu Deok Sun.
Sun Woo adalah orang yang punya tekad dan prinsip, itu ia terapkan bahkan ketika ia menyukai kakaknya Deok Sun, Bo Ra. Bo Ra adalah kakak perempuan Deok Sun yang lebih tua 3 tahun Sun Woo dan terkenal galak. Bo Ra adalah kebanggaan komplek karena kepintarannya dan seorang aktivis kampus. Kegigihan Sun Woo ini yang bikin melting, gimana ia bisa mengimbangi juteknya Bo Ra.



Begitu lihat drama ini aku langsung masuk dalam Team Sun Woo. Langsung jadi favorit karena ganteng banget ampun ! Mana karakternya baik pula. Langsung suka deh. Aku udah sering liat di drama-drama lain tapi ga tau kalau dia cocok banget dengan karakter Sun Woo. Setelah Reply 1988 ini dia langsung dapat job lagi jadi second lead di drama Jealously Incernate bareng Korea A-List Gong Hyo Jin.

Yang terakhir adalah Dong Ryong. Dong Ryong ini adalah Deok Sun versi laki-laki kalau dalam masalah belajar. Mereka berdua susah banget disuruh belajar tapi paling jago kalo main atau nari-nari. Dong Ryong diceritakan memiliki ayah seorang guru dan Ibu wanita karir yang selalu sibuk sehingga ia suka kesepian dirumah. Walaupun begitu kepribadiannya memang bandel dan suka bikin rame. Hal yang paling Dong Ryong suka adalah berkumpul dengan teman-temannya dan menari. Dong Ryong diperankan oleh Lee Dong Hwi. Sama kayak cast Reply 1988 lainnya, ia juga dapat tawaran drama lagi setelah ini.


Sebenarnya yang bikin ceritanya “hidup” nggak hanya 5 sahabat ini, tapi juga keluarga mereka yang diperankan oleh aktor dan aktris senior. Ibu dan Ayah nya Deok Sun adalah orang tua yang sama untuk pemeran utama wanita diserial Reply 1998, dan Reply 1994 yaitu Song Dong Il dan Lee il Hwa. Kabar-kabarnya serial Reply akan dibuat lagi oleh sutradara yang sama. Dan kali ini settingnya adalah tahun 2002 ketika Korea Selatan menjadi Tuan Rumah Piala Dunia. Yeaay !



Comments

  1. ceritanya sederhana tapi benar-benar mengena di kehidupan. kehidupan 1988 di korea sama kayak 1990an di Indonesia kali ya.

    Review nya oke banget sis, review lagi serial korea yang lain dong :)

    ReplyDelete
  2. Pitaaa aku baru mulai nonton ini dan keinget kalo kamu bikin reviewnya hahaha keren pittt reviewnyaa ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk sa ae ah ast. semoga kamu suka dramanya yaa :D

      Delete

Post a Comment

Popular Posts