Lebaran 1437 H

Happy Eid Mubarak 1437 H everyone !

Alhamdulillah setelah berpuasa hampir sebulan (iya hampir. Karena saya ada bolong puasanya), akhirnya kita ketemu juga dengan hari yang udah ditunggu-tunggu, yaitu Hari Raya Idul Fitri !
Yeay !

Idul Fitri datang, Ramadhan pun berlalu.
Sedih iya.
Bahagia iya juga.
Tapi menyesal pun juga ada.
Kenapa ?
Karena sejujurnya Ramadhan kali ini ibadahnya dirasa sangat tidak maksimal. Masih kurang sana sini. Pengen segera memperbaiki tapi gak ada jaminan kita bisa ketemu Ramadhan lagi tahun depan kan. Jadi, yang bisa kita lakukan hanyalah menjadikan hari-hari biasa ini layaknya hari di bulan Ramadhan. Ibadahnya ditingkatin terus dan juga berdoa semoga dipanjangkan umur biar bisa berjumpa dengan Ramadhan selanjutnya dengan pribadi yang lebih baik lagi :) Amiin..

Ramadhan tahun ini diselingi mudik ke Temanggung. Kampung halamannya Ibuk. Tempat lahir saya juga sih.
Mesen tiket mudik udah dari jauh-jauh hari sebelum puasa malah karena takut kehabisan dan kemahalan, hehehe.
4 hari sebelum Lebaran kita mudik ke Temanggung. Sebenarnya udah sering ke Temanggung pas jaman kuliah, tapi baru sekarang mulai memperhatikan sekitar. Mencari & memahami lingkungan disana. Nggak mau ngesia-sia-in waktu, jadi kalau bisa jalan ke tempat yang baru, ya lakukan.
Tapi sayangnyaa....
Sepupu-sepupu saya disana yang mayoritas laki-laki udah pada jadi papah muda semua, jadi nggak bisa seenaknya ngajak jalan jauh. Untung si Gifari bawa motor dan tabah menghadapi kakaknya yang pengeb diajak keluar rumah terus.

Temanggung is a lovely place. Suasananya nggak jauh beda dengan Salatiga. Cuacanya dingin karena ada di dataran tinggi. Dari hasil observasi ecek-ecek selama mudik, saya (kayaknya) menemukan hal-hal menarik, seperti :

1. (Kayaknya) masyarakat Temanggung banyak berusia lanjut. Kenapa begitu ? Karena hampir disetiap rumah hampir selalu dijumpai nenek-nenek dan kakek-kakek atau paling nggak usia Ibu-Bapak deh. Dan ketika saya Lebaran-an ke rumah-rumah tetanggga, banyak yang cerita kalau anak-anaknya sekolah / kerja diluar Temanggung seperti Magelang, Yogya bahkan di Sumatra. Pantes aja yang sering kelihatan itu yang usianya dewasa.

2. Dengan slogan kotanya Temanggung Bersenyum ( Bersih, Sehat dan Nyaman untuk Umum). Kotanya memang lovable. Jalannya tergolong kecil dan kebanyakan satu arah. Jadi suka puyeng harus muter-muter lagi.

3. Kemarin, H-2 Lebaran sempat ke kawasan Pasar Temanggung.
Sungguh terlalu.
Terlalu ramai.
Uniknya, didaerah Kawasan Pasar yang super duper ramai itu, kita bakal banyak nemuin para anak-anak ABG petugas pengatur jalan. Mereka ada yang pakai seragam pramuka, ada juga yang pakai seragam lain.
Kerjanya berdiri di tengah / dipinggir jalan trus ngatur lalu lintas, ada juga yang ngebantuin para penyebrang jalan (biasanya lansia atau ibu-ibu) untuk menyebrang jalan dengan aman. Mereka bekerja begitu bukannya nggak diawasi, diawasi lho sama Pak Polisi. Dan mereka stand by sampe soree banget bantuin Polisi buat mengatur lalu lintas. Sayang banget nggak sempat tanya-tanya tentang kegiatan itu.

4. Masih seputar pasar nih.
Kalau ke Temanggung apalagi pas bulan puasa dan makin ngedeketin Lebaran, bakal banyak banget ditemui penjual bunga-bunga untuk nyekar ke makam. Banyak banget ! Serius deh.
Merhatiin dari tradisi didesaku, kita nggak hanya nyekar ke makam keluarga yang deket aja kayak misal nenek kakek tapi sampe pakdenya pakde ini atau neneknya bukde ini. Mungkin, makanya itu butuh banyak kembang.
Selain itu, di pasar juga banyak banget yang jual bunga hias yang masih segar. Ibuku sempat beli, trus dimasukkan ke vas kaca yang diisi air. Ternyata nggak cuma Ibuku, tapi ibu-ibu lain juga banyak yang beli bunga-bunga segar untuk ditaroh di rumah biar rumahnya cantik. Harganya terjangkaau banget.
Iseng-iseng tanya Mbak sepupuku, banyak yang jualan bunga karena Temanggung dan sekitarnya sampe Bandungan udaranya dingin sejuk, jadi bunga-bunga banyak yang bisa tumbuh. Malah lucunya, kadang tanah kosongan bisa tumbuh bunga dengan sendirinya kalau pas musimnya. Mungkin karena penyerbukannya kebantu sama angin dan burung kali ya. Jadi bisa tumbuh gak sengaja.

5. Entah kenapa di Temanggung, para kaum laki-laki suka banget main petasan.
Semakin mendekati Lebaran, petasan dan kembang api gede makin banyak dinyalain di jalan-jalan desa. Bahkan pas Lebaran pun setelah Sholat Ied, orang-orang sengaja kumpul buat nyalain petasa segede-gede gaban yang suaranya udah kayak meriam. Kayanya tiap desa punya tradisi kayak begitu deh, karena suara petasannya rame banget ya Allah sampe saling sahut.
Nah, yang bikin agak kaget adalah, ternyata kebanyakan petasannya itu dibuat sendiri. Ada yang dijual ada yang buat dinyalain sendiri. Modal bubuk mesiu, koran digulung-gulung, udah bisa jadi petasan. Kata Bukdeku, bubuk itu dijual bebas. No wonder, kalo ternyata banyak banget yang bisa ngebikin hal - hal aneh dari keahlian dasar bikin petasan.

6. Mamam Kupat Tahu is a must in Temanggung !

7. Dari kecil sampai seumur ini, di Temanggung banyak banget lampion lampion yang diterbangin menjelang Lebaran. Tahun ini, kebetulan Mas-Mas sepupuku beli lampion kecil yang dibuat dari plastik tipis yang disambung dengan sumbu kecil, nanti diterbangin dengan asap dari sumbu itu. Sederhana tapi serunyaa luar biasaa. Kita nerbangin bareng bareng trus saling nandain siapa yang bisa terbang paling jauh, lampion mana yang redup paling duluan. Seru :')

Pokoknya seminggu di Temanggung gak berasa. Beda dengan dulu-dulu yang pengennya cepat pulang, sekarang malah pengen lamaan disana kalo nggak inget masuk kantor huhuhu

Comments

Popular Posts