Cerita Jualan

Saya lagi galau nih.
Jualan saya lagi sepi.......
.....
Iya.
Sekarang saya memulai lagi aktivitas dagang saya setelah sempat off selama hampir dua tahun. Sebenarnya jujur saya akui saya ini nggak punya bakat bisnis, ini cuma modal semangat mau cari tambahan uang jajan sama menyalurkan hobi saya yang suka cuci-cuci mata.

Dulu, waktu kuliah saya hobi nya liat-liat online shop di facebook. Sekali dua kali sempat order barang buat dipake sendiri, tapi lama-lama saya mikir nggak mungkin saya beli terus, saya nggak punya duit secara saya anak kos. Setelah ngobrol sama teman-teman sekos saya, akhirnya kita sepakat ikutan jualan tanpa modal. Jadi reseller dan dropship gitu. Bikin akun facebook baru, buka grup di bbm lama-lama oke juga. Lumayan juga yang order. Tapi itu nggak berlangsung lama, soalnya di akhir-akhir kuliah sudah mulai sibuk dengan tugas yang semakin bejibun, ditambah blackberry saya dimana disitulah semua kontak pelanggan dan supplier- rusak karena kerendem air hujan.

*ceritanya waktu itu saya lagi KKN disebuah desa di Kendal. Suatu hari saya pergi ke Semarang karena ada urusan. Ketika pulang ke Kendal, hujan deras turun. Waktu itu saya berboncengan dengan teman saya, dan kami nggak bawa jas hujan. Ketika itu saya bawa ransel dan tote bag. Blackberry saya ada didalam tote bag itu. Karena kehujanan, totebagnya penuh dengan air. Blackberry saya kerendem..... :(

Karena kejadian itu, akhirnya online shop saya dan teman-teman saya tutup.

Nggak cuma pernah jadi dropship dan reseller, saya juga pernah jualan baju second  bersama teman-teman saya. Baju-baju saya dan teman-teman saya dikumpulin trus disetrika trus kita foto bagus-bagus trus kita upload di instagram. Kita jual dengan range harga 30rbu - 75rbu. Nggak ada yang beli, tapi yang nanya-nanya cukup banyak. Sampe kita lulus, baju-baju kita masih belum laku dan akhirnya dikembaliin dibawa pulang lagi hahahaha :D

Dan sekarang, saya mau jualan lagi. Desember tahun lalu saya mulai buka online store namanya Polkapolki. Pengennya saya, saya jual baju yang ready stock. Persiapan saya udah oke banget, sampai bikin logo, nyetak goodybag dan sebagainya. Tapi ternyata baju-baju yang saya order untuk dijual lagi jauh dibawah ekspektasi saya. Dan akhirnya nggak laku sama sekali padahal modal saya cukup gede waktu itu. huhuhuhuhu

Nggak putus asa, saya coba jualan lagi. Kali ini jualan kalung. Pertama kali jual, saya jual 7 kalung modal sekitar 300rbu. alhamdulillah laku trus beli lagi.
eh nggak laku.
sampe sekarang masih ada kalungnya :(

Masih penasaran sama yang namanya bisnis, saya sekarang coba jualan hijab.Saya cari supplier murah diluar Jambi sama didalam Jambi. Alhamdulillah ketemu. Dan akhirnya saya mulai jualan awal agustus kemarin. Modal 300rbu.

Sebenarnya uang 300rbu itu uang ibu saya. Beliau nyuruh saya beli ransel buat kuliah, soalnya ransel saya sudah buluk. Saya sih makin buluk makin suka :D tapi uangnya nggak saya belikan ransel malah saya beli jilbab segi empat dapat sekitar belasan jilbab. Saya foto bagus-bagus semampu yang saya bisa. Trus diupload di akun instagram Polkapolki (foto-foto kalung yang nggak laku udah saya hapusin huehehehe :D) Saya punya target jilbab saya harus laku semua paling telat akhir agustus. Kalo alhir agustus masih belum laku saya mau cari strategi baru, entah cari endorse atau bikin sale gede-gedean. Tapi ternyata sehari jualan langsung laku semua. Akhirnya saya balik modal + dapet untung dan akhirnya beli lagi. Jual lagi, laku lagi walaupun nggak sold out kayak yang pertama. Duitnya diputer terus.

Tapi sekarang ini belum laku-laku. Padahal udah dua kali upload barang baru. huhuhuhuhu sedih :(

Sebenarnya yang jualan jilbab udah banyak dijambi. Bagus-bagus dan harga bersaing. Harusnya saya cari alternatif barang lain untuk dijual yang menghasilkan untung gede. Sayangnya, kalau mau untung gede modalnya juga harus gede doong. Nah itu saya belum berani ngeluarin modal gede. Mengingat jualan bukan mata pencarian utama saya. Dan pemasukan saya nggak gede juga.

Saya juga agak idealis sih. Pengennya jualan barang yang saya suka. Saya suka sama item-item fashion cewek jadinya pengen jualan itu. Sayangnya saya nggak pinter gambar, nggak bisa desain dan saya tinggal dijambi yang bukan kota besar tempatnya produsen-produsen tekstil. Kalo mau cari kain harus cari dikota-kota besar seperti di Jawa, belum ditambah ongkos kirimnya, jadi ketika sampai Jambi bahan kain itu udah mahal itu belum lagi upah jahitnya. Terpaksa kalo mau jualan, mau nggak mau beli barang jadi yang udah diolah buat menekan biaya produksi.

Saya masih muter-muter otak gimana biar bisa laku ya. Terus bisnisnya besar juga. Nggak muluk-muluk cari untung, tapi syukur kalo dapat tambahan uang jajan .Selain saya emang tertarik sama yang begini-begini, Creative Movement trus juga kayaknya seru juga kalau kita bisa ngelola bisnis sendiri :)))

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts