Indonesia Berprestasi lagi

Beberapa waktu yang lalu, Indonesia melalui putra-putrinya meraih sebuah prestasi membanggakan di dunia internasional. Indonesia berhasil menjadi juara 2 Skyscraper Competition 2010 yang diadakan oleh eVolo Magazine yang merupakan majalah desain dan arsitektur yang berbasis di Amerika. Skyscraper Competition 2010 adalah kompetisi yang melombakan ide-ide brilian dalam bidang arsitektur yang dihubungkan dengan alam dan pembangunan lingkungan. Dan tahun 2010 ini adalah kali keempat eVolo Magazine mengadakan kompetisi tersebut.

Tim Arsitek Indonesia yang mengikuti kompetisi tersebut adalah empat orang alumni muda UGM yaitu Erwin Setiawan, Rezza Rahdian, Ayu Diah Shanti, dan Leonardus Chrisnantyo. Mereka membuat sebuah proyek desain yang bertujuan untuk memurnikan dan memperbaiki habitat Sungai Ciliwung, yang diberi nama “Ciliwung Recovery Program”. Mereka merancang sebuah bangunan yang didesain untuk dapat mengumpulkan sampah, memurnikan air, dan menyediakan perumahan bagi ribuan orang yang tinggal di daerah kumuh sepanjang sungai Ciliwung.

Rancangan yang berjudul Water Purification Skyscraper in Jakarta berhasil mengalahkan 430 desain dari 42 negara di dunia. Bangunan yang besar ini menghasilkan energi untuk dirinya sendiri. Untuk lebih jelasnya menegani struktur bangunannya silahkan kunjungi http://ntunkz.wordpress.com/2010/03/11/indonesia-juara-ii/

Juara 1 dalam kompetisi bergengsi ini adalah tim arsitek dari tetangga kita yaitu Malaysia dengan judul proyek “Penjara di Angkasa”.

Juara 3 adalah arsitek dari AS-Jepang “Nested Skyscraper in Tokyo”


Juara 4 diraih oleh arsitek dari Australia / China / Japan yang berjudul “Hermit Mountains – Towers of Ancient Dreams”



Juara 5 diraih oleh arsitek dari Russia yang berjudul
“Sky Table – A Social Implant”


Juara 6 diraih oleh arsitek dari Italy yang berjudul
“Strait of Messina Skyscraper”




Juara 7 diraih oleh arsitek dari Prancis yang berjudul
“Vertical Confluence – Skyscraper in Paris”



Juara 8 diraih oleh arsitek dari korea selatan yang berjudul
“Generic Box Skyscraper”


Juara 9 diraih oleh arsitek dari Prancis yang berjudul
“Art of Building High – Skyscraper in Paris”



Juara 10 diraih oleh arsitek dari Amerika yang berjudul
“Beyond Manhattanism: Elevated Urban Network”

Nah, kita seharusnya bangga dengan apa yang telah diraih oleh kakak-kakak kita di bidang arsitektur. Sampai saat ini saya belum tahu, apakah dibidang Planologi ada juga kompetisi-kompetisi seperti ini. Semoga saja ada. Amiiin u_u

sumber gambar : kaskus.us

Comments

Popular Posts