LOCAL PEOPLE WEAR LOCAL

Tampil modis itu nggak harus mahal. Nggak harus beli barang-barang branded buatan luar negeri untuk bisa eksis. Coba deh sesekali lirik produk dalam negeri. Banyak kok yang bagus, unik dan kualitasnya nggak kalah dengan produk luar negeri sana.

 I’m Proud

Indonesia merupakan negara yang kayak akan budaya. There’s sooo many things that can be created as a fashion things.
Batik misalnya.
Nggak perlu malu untuk pakai Batik di kegiatan harian kamu. Karena saat ini, Batik sudah mendunia dan dikenal oleh banyak negara sebagai sesuatu yang mencirikan Indonesia. Kain-kain khas daerah lain di Indonesia juga lucu-lucu untuk dijadikan fashion items.
Sepertinya udah bukan jamannya lagi kita untuk gengsi memakai produk lokal. Menggunakan produk lokal itu adalah salah satu hal sederhana yang bisa menunjukkan bahwa kita bangga dengan negara kita. Gimana kita mau maju kalau masyarakatnya sendiri nggak percaya dengan produk lokal negaranya.
Menggunakan produk lokal bisa membantu perekonomian negara lho. Sederhananya seperti ini : Jika perusahaan lokal kebanjiran order, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan unuk banyak sehingga mampu memberi upah yang layak bagi para pekerjanya. Hal itu sudah dapat dikatakan membantu mensejahterakan masyarakat lokal. Selain itu, jika kita sendiri sudah mengakui kualitas produk negeri sendiri, bukan nggak mungkin itu membuak peluang ekspor yang lebih besar sehingga dapat menyumbangkan devisa bagi negara.

I’ll Give You A Reason Why

Selera memang nggak bisa dipaksain atau diperdebatin. Aku pribadi sih memang udah jatuh cinta dengan produk lokal. Setidaknya ada 5 alasan kenapa mulai sekarang kita harus melirik produk lokal.

1.       Affordable
Nggak semua dari kita punya budget besar untuk membeli produk-produk luar negeri. Nah, alternatifnya adalah  wear local product ! Harganya terjangkau dan juga kualitasnya nggak jelek-jelek amat.

2.       Unik    
Ini selera sih ya. Kalau aku nggak terlalu suka ngikutin trend. Mana yang kayaknya lucu, ya aku maunya yang itu. Unik dan nggak banyak orang pakai adalah salah satu pertimbanganku ketika membeli sesuatu.
Produk lokal biasanya unik-unik. Unik disini maksudnya barangnya beda dengan yang lain. Jadi bikin kita “beda” gitu.  Kalau kita jeli, kita bisa menemukan produsen lokal yang barang-barang buatannya lucu dan unik-unik.

3.       Mudah Dicari Kok
Bagi yang tinggal di kota-kota besar, tentu mudah menjangkau outlet-outlet brand lokal. Tapi bagi yang tinggal dibelahan lain Nusantara, gimana ?
Jawabannya adalah manfaatkan kemudahan informasi saat ini. Brand-brand lokal saat ini memang banyak menggunakan sosial media untuk promosi terutama instagram. Jadi, nggak bisa dipungkiri bahwa belanja online udah menjadi kebiasaan saat ini entah itu lewat media sosial (instagram, facebook dan twitter) ataupun website resmi. Tapi itu justru memudahkan kita untuk berbelanja. Yang agak memberatkan memang akan ada tambahan biaya ongkos kirim sih. Tapi nggak seberapa kok untuk barang yang benar-benar kita ingini dan butuhin.

4.       Cocok Untuk Kita
Hehehe... Produk yang didesain oleh anak negeri udah pasti menyesuaikan dengan karakteristik orang lokal. Jadi kita nggak akan dibilang lebay, norak atau “maksa” ketika memakainya.

5.       Kita jadi mendukung ke-eksistensi-an Indonesia
Klise sih. Tapi kalau dipikir-pikir, iya juga ya. Dimulai dari kita yang mulai bangga pake produk sendiri, nanti lambat laun produk kita bakal dikenal di luar negeri sana. Contoh Korsel atau Jepang deh yang masyarakatnya lebih dahulu percaya dengan produknya sendiri baru setelah itu dikenal dunia.


What Should We Do Now ?

Nah, mulai sekarang coba deh sesekali lirik katalog brand-brand lokal. Dan juga nggak ada salahnya kok mulai sekarang lebih rajin dan bangga pakai batik atau songket atau tenun atau jenis-jenis kebudayaan khas lainnya. Sebarkan virus bangga dengan produk Indonesia lewat media apapun, posting foto misalnya J

Comments

Popular Posts