Standar World Class City

World Class City adalah sebutan bagi kota-kota yang maju dalam berbagai sektor. Indonesia saat ini sedang berusaha untuk mewujudkan hal tersebut. Diantaranya dengan cara menggalakkan sektor pariwisata, mempercepat pembangunan, memperbaiki sarana dan prasarana umum dan meningkatkan kualitas masyarakatnya. Namun tahukah kamu, bahwa terdapat syarat-syarat khusus untuk menjadikan sebuah kota menjadi kota kelas dunia.

Dari segi ekonomi, sebuah World Class City harus memiliki jaringan-jaringan atau sektor-sektor ekonomi yang memadai. Seperti harus terdapat sebuah kantor pusat dari perusahaa-perusahaan multinasional, lembaga keuangan yang berkelas internasional dan bursa efek yang berpengaruh bagi dunia perekonomian. Selain itu, GDP kota tersebut juga harus tinggi, dan terdapat penyedia jasa keuangan seperti bank ataupun akuntan.

Untuk mendapat pengakuan sebagai World Class City dalam segi politik, sebuah kota harus aktif berpengaruh dan berpartisipasi dalam kegiatan dunia dan internasional. Washington , London , Paris , Tokyo , Berlin , Roma , Moskow dan Beijing adalah contoh beberapa ibukota negara yang aktif dalam organisasi di dunia.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah dari sektor budaya. Sebuah identitas budaya yang merupakan ciri khusus suatu kota sangatlah penting. Contohnya di kota tersebut terdapat situs warisan dunia, situs ziarah untuk agama di dunia, terdapat media berpengaruh di dunia seperti majalah ataupun koran, memiliki tempat yang terkenal di dunia seperti museum, galeri atau festival-festival. Dan yang terakhir, kota tersebut sudah mampu untuk menjadi tuan rumah atau penyelenggara event olahraga atau seni internasional.

Dari segi lingkungan, kota-kota maju haruslah memikirkan keseimbangan antara lingkungan dengan pembangunan. Lingkungan harus tetap dijaga walaupun pembangunan dilakukan. Sebuah kota harus memiliki RTH yang memadai sebagai penetral dari segala polusi yang diakibatkan oleh mobilitas perkotaan yang tinggi.

Sektor yang terakhir adalah infrastruktur. Sistem transportasi canggih mencakup beberapa jalan tol dan jaringan massal lainnya adalah sebuah syarat bagi sebuah kota kelas dunia. Terdapat fasiitas kesehatan yang memadai, adanya gedung-gedung pencakar langit, luas sarana jalan mencukupi, dan memiliki pelabuhan utama serta bandara internasional.

Setelah melihat syarat-syarat tersebut, maka kita bisa menilai sudah adakah kota di Indonesia yang bisa disebut dengan sebutan World Class City ? Jika jawaban yang dikeluarkan adalah ‘belum’, maka sebagai masyarakat Indonesia yang bertempat di suatu kota di Indonesia, sudah sewajarnya lah kita turut dalam pembangunan tersebut. Mari kita belajar dari New York yang merupakan kota dengan aktivitas ekonomi terbaik di dunia, atau London sebagai kota dengan interaksi budaya yang terbaik di dunia atau Washington DC sebagai kota nomor satu di dunia dalam hal partisipasi politiknya, atau mungkin kita belajar dari tetangga kita, Singapura sebagai peringkat 6 kota aktivitas usaha dan Sydney yang merupakan kota hunia terbaik peringkat 8.


Comments

Popular Posts